'Blog anak Tanjungbalai, Menyediakan berbagi informasi seputar teknologi, Elektronika, Pramuka, Music dan Semacamnya.'

Breaking

Monday, November 30, 2015

Bahaya Akibat Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Dan Remaja




Bahaya Akibat Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Dan Remaja


Salam sejahtera seorang pelajar, Kali ini saya akan memposting yang dimana akan bermanfaat bagi kita seorang pelajar, bagi orang tua, dan juga bagi orang - orang yang di luar sana. Disini saya akan memposting artikel dengan bermaksud mereview "Bahaya Akibat Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Dan Remaja" dimana saya harapkan ketika kalian membaca postingan saya kali ini akan ada hikmahnya dan juga akan tahu apa yang saya terangkan sekilas info - info yang saya berikan dengan penuh ikhlas karena saya sayang kalian dalam bentuk anak bangsa .




stop narkoba bagi pelajar
stop narkoba bagi pelajar


Penyalahgunaan dan bahaya narkotika ataupun  narkoba, sudah tersebar di kalangan muda dan remaja  saat ini sudah lagi dipungkiri  dan juga masih banyak di lingkungan sekitar kita. Pengertian definisi narkoba ini adalah suatu zat yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh akan mempengaruhi seseorang yang berakibat kan ketenangan seseorang tersebut  dan  fungsi fisik atau psikologi (kecuali makanan, air, atau oksigen).

1.  Jenis Macam Narkotika

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan Pemerintah Indonesia khususnya dalam hal ini adalah oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari ( Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif).

Semua bahan haram ini, baik narkoba ataupun napza adalah mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya dan juga membuat ketenangan bagi orang ini. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit yang tertentu.Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Berikut ini jenis dan golongan narkoba narkotika antara lain adalah sebagai berikut :

Narkotika golongan I adalah narkotika yang paling berbahaya. Daya adiktifnya sangat tinggi. Golongan ini digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. Contoh jenis narkoba golongan satu antara lain adalah : ganja, heroin, kokain, morfin, dan opium.

Narkotika golongan II adalah narkotika yang memiliki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh jenis narkoba golongan dua antara lain adalah : petidin, benzetidin, dan betametadol.

Narkotika golongan III adalah narkotika yang memiliki daya adiktif ringan, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh jenis narkoba golongan tiga antara lain adalah : kodein dan turunannya.

Obat-Obat Jenis Psikotropika

Psikotopika adalah zat atau obat bukan narkotika, baik alamiah maupun sintesis, yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku.

Jenis macam golongan obat psikotropika digolongkan lagi menjadi 4 kelompok adalah :

Psikotropika golongan I adalah dengan daya adiktif yang sangat kuat, belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sedang diteliti khasiatnya. Contoh obat jenis psikotropika golongan satu antara lain adalah : MDMA, LSD, STP, dan ekstasi.

Psikotropika golongan II adalah psikotropika dengan daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh obat jenis psikotropika golongan dua antara lain adalah : Amfetamin, metamfetamin, dan metakualon.

Psikotropika golongan III adalah psikotropika dengan daya adiksi sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh obat jenis psikotropika golongan tiga antara lain adalah : Lumibal, buprenorsina, dan fleenitrazepam.


Zat Adiktif Lainnya

Zat adiktif lainnya adalah zat – zat selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya, diantaranya adalah sebagai berikut :

Rokok. Silakan membaca lebih lanjut mengenai bahaya " Dampak bahaya Merokok Bagi Kesehatan".

Kelompok alkohol dan minuman lain yang memabukkan dan menimbulkan ketagihan.
Thiner dan zat lainnya, seperti lem kayu, penghapus cair dan aseton, cat, bensin yang bila dihirup akan dapat memabukkan (Alifia, 2008).


2.  Bahaya Narkotika Bagi Kesehatan seseorang


bahaya narkoba bagi kesehatan
bahaya narkoba bagi kesehatan

Bahaya narkoba bagi seseorang akan berakibatkan pecanduan bagi orang yang coba - coba yang berani main - main dengan bahan haram satu ini , dan narkoba juga bahaya di dalam kalangan muda apalagi untuk seseorang pelajar ataupun  generasi penerus bangsa yang untuk mencitrakan negara ini. Narkoba juga sudah banyak tersebar luas di negara kita dan bagi kita seorang pelajar haruslah jauhi bahan haram tersebut dan  apabila tidak segera dijauhi maka akan datang kebiasaan mengkonsumsi narkoba maka hal ini akan memperburuk derajat kesehatan penggunanya itu sendiri secara perlahan-lahan tetapi pasti.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda, dewasa ini kian bersiut siut meningkat Gejola maraknya penyimpangan generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

Karena kita sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh dan ambruk bagaikan bangunan  yang sudah lama hingga kian digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga kalangan pemuda seperti kita halnya tidak dapat berpikir jernih.Akibatnya, generasi harapan bangsa pun yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.

Sasaran pertama narkoba ini adalah kaum muda atau remaja dan kalangan pemuda generasi bangsa. Dari penyalahan narkoba ini asal usulnya adalah dari sebuah "Rokok". kenapa demikian ...?  karena ada pepatah murahan dari sebuah jalanan , terminal , dari orang yang sudah kena narkoba, yang bunyinya seperti ini kalau tak merokok katanya tak ganteng , tak maco, tak gaul, tak keren,tak tampan, anak jadul. Dan saran saya yang satu pejuangan dan hingga ini saya juga seorang pelajar jangan takut di bilang begitu karena tak akan ada gunanya bagi kita yang cikal bakal penerus bangsa ini .

Jika kita survei akan terbukti  rata- ratakan usia sasaran pengguna narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu bersekitar umur 11 sampai 24 tahun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu- waktu dapat mengincar anak didik kita kapan saja


Efek dampak penggunaan narkoba bisa dalam berbagai bentuk antara lain adalah sebagai berikut :



  1. Menyebabkan penurunan atau pun perubahan kesadaran.
  2. Menghilangkan rasa.
  3. Mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri.
  4. Menimbulkan ketergantungan / adiktif (kecanduan).


Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja pelajar antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian.
  2. Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran.
  3. Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah.
  4. Sering menguap, mengantuk, dan malas.
  5. Tidak memedulikan kesehatan diri.
  6. Suka mencuri untuk membeli narkoba.


Bahaya Dampak Efek Negatif Buruk Penyalahgunaan narkoba bagi tubuh dan kesehatan manusia bahwa dalam hal ini secara umum akibat penggunaan narkotika ini akan memberikan dampak sebagai berikut :

Pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada para pemuda pelajar genereasi penerus bangsa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak kedalam lingkaran setan narkotika ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap sehingga perbuatan tercela seperti ini pun akhirnya mereka jalani.

Oleh karena itu mulai saat ini kita selaku pendidik, pengajar, dan sebagai orang tua harus sigap dan waspada, akan bahaya narkoba yang sewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kita sendiri. Dengan berbagai upaya cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba dan narkotika mari kita jaga dan awasi anak didik kita dari bahaya narkoba tersebut.

Sekian dari saya dengan sebuah artikel yang berjudul : "Bahaya Akibat Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan Dan Remaja" dan  saya harapkan bermanfaat bagi kalian , jika ada kesalahan kata kata didalam artikel ini saya mohon maaf . tak banyak kata kata yang saya sajikan dan saya akan  pamit diri,
 terima kasih  

No comments:

Post a Comment