'Blog anak Tanjungbalai, Menyediakan berbagi informasi seputar teknologi, Elektronika, Pramuka, Music dan Semacamnya.'

Breaking

Friday, May 12, 2017

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

assalamualaikum wr wb

Kembali lagi dengan saya ( Muhammad Candra Parinduri ) yang dimana kali ini saya memposting sebuah artikel "Persiapan Memasuki Dunia Kerja" dimana ini bisa menjadi menambah wawasan anda sehingga bisa nantinya anda terapkan menjadi seorang pekerja yang profesional di dalam perusahaan. 

Dalam memasuki dunia kerja kita terlebih dahulu harus memenuhi tiga bagian yang dimana ini adalah penting buat kita siap kan sehingga 3 bagian ini tak akan bisa terpisah di karena kan satu sama lain saling terikat saling melengkapi hingga tak kan bisa berjalan jika diantara mereka satunya tak terlengkapi atau tak ada, jadi bagian ini sangat penting sekali dalam memasuki dunia kerja.  It's okaay saya akan membahas satu persatu setiap bagian bagian nya , langsung saja dan di simak.


pesiapan memasuki kerja
Pesiapan memasuki kerja


# 1. Bagian Pertama ; " Persiapan"

Dimana dalam memasuki dunia kerja kita terlebih dahulu memiliki Persiapan kerna ini adalah syarat pertama nya kita unutuk bisa menjadi seorang pekerja yang profesional di perusahaan. Dan pada bagian Persiapan ini kita juga memiliki bagian - bagian lain nya yaitu.

1. 1  Memahami Diri Kita

Dalam memahami diri kita  ini maksudnya kita mampu memahami kemampuan kita dan kekurangan kita bahkan di bidang study mana yang kita kuasai sehingga nanti nya kita bisa cocok di perusahaan dan menjadi seorang yang profesioanal. Dalam memahami jati diri kita ini adalah salah satu yang sangat penting kita lakukan untuk pertama kalli di dalam kita inigin memasuki dunia kerja , karena hal ini membantu kita untuk mendapat kan percaya diri yang besar setelah kita menemukan perusahaan yang cocok buat kita dan jabatan apa yang akan kita pikul atau kita duduki.


1. 2  Mencari Informasi

mencari informasi
mencari informasi


Dalam mencari informasi ini adalah dimana kita mencari suatu lowongan pekerjaan dapat kita sajikan di berbagai media , baik itu adalah media cetak bahkan di media sosial bahkan di internet. dalam mencari informasi ini kita bukan hanya cari lowongan pekerjaan tetapi kita juga mencari tau profil dan sejerah lengkap , bahkan produk yang dihasilkan , jenjang karir pada karyawan dan juga masalah gaji setiap karyawan. Dalam proses ini  bisa membantu kita dalam proses wawancara.  Dalam mencari informasi kita juga harus tau dalam lowongan yang akan di butuhkan sehingga kita tak jadi salah kaprah , contoh lowangan yang dibutuhkan adalah karyawan tetap , karyawan honoer (harian ), dll.

# 2. Bagian Kedua : Pemberkasan

Pada bagian kedua ini adalah suatu dimana yang sangat penting dalam Persiapan Memasuki Dunia Kerja sehingga suatu perusahaan yang selalu mensyarat kan bagi kandidat yang ingin melamar di perusahan nya. yaitu adalah surat lamaran dan resume.

2.1 Surat Lamaran

Surat lamaran adalah suatu surat yang dimana suatu pemberkasan yang dimana kita harus miliki sebagai  pelamar . surat lamaran ini adalah surat dimana suatu memberikan suatu penjelasan singkat tentang kemampuan yang anda miliki sehingga suatu perusahan bisa untuk merekrut anda pada perusahan nya sehingga bisa menempatkan anda di bagian mana dan jabatan anda nantinya.


2.2 Resume

Resume ini juga adalah suatu dimana sama dengan surat lamaran  dalam Persiapan Memasuki Dunia Kerja   resume juga di berikan pada saat bersama surat lamaran kita , jadi surat lamaran ini adalah dimana surat itu memberikan penjelasan singkat tentang riwayat kita beserta laatar belakang kita . Dan resume ini juga memberikan suatu penjelasan yang dimana kita memberikan suatu informasi tentang keahlian khusus anda yang dimana anda miliki lebih dari satu bidang mana yang anda kuasai.


#3. Bagian Ketiga : Perkenalan

Pada bagian ketiga, Ini adalah salah satu bagian terpenting dimana kita masuk kedalam perusahaan yang ingin menjadi seorang pekerja yang profesional. Dan pada bagian ketiga ini ada 3 tahap yang harus kita lampaui sehingga kita nanti nya bisa menjadi seoran yang profesional.

3.1 Wawancara

wawancara face to face
wawancara face to face


Pasti kalian bertanya - tanya kenapa sih setiap perusahan selalu saja ada yang nama nya wawancara. Bagi yang tak asing denar nya pasti sudah tau akan hal itu terjadai jadi yang belum atau masih pemula pasti dalam benaknya tanda tanya besar apa lagi bagi orang yang awam, entah lah ...

okay ,, Wawancara itu adalah dimana suatu langkah yang sangat penting bagi setiap perusahaan di karenakan wawancara ini adalah langkah yang dimana perusahaan lebih mudah merekrut atau menyaring kandidat - kandidat nya sehingga nanti suatu perusahaan nanti bahkan lebih mudah akan mempatkan kita pada bidang yang di butuhkan. Di dalam wawancara juga terlihat berbagai aspek kepribadian kita pada saat wawancara dimana lerlihat di saat kita menjawab pertanyaan dari mereka sehingga semua itu menjadi nilai dimana kita menjawabnya. Dan pada saat wawancara juga tidak boleh kelihatan gugup untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan kepada kita,


3.2 Surat Balasan

Dimana surat balasan ini adalah suatu yang dimana bisa anda lakukan maupun tidak sama sekali. Surat balasan ini adalah surat yang dimana surat yang mengucapkan terima kasih kepada yang mewawancarai kita sehingga nanti nya terlihat menghormati dia yang dimana dia telah bersedia meluang kan waktunya buat kita.


3.3 Psikotes

Ini adalah salah satu tes uang dimana suatu perusahaan sudah wajib mengadakan psikotes yang dimana di psikotes ini bisa terlihat jelas kepribadian kita dan dapat dilihat dari jawaban kita. Psikotes adalah suatu proses ujian yang dimana menguji suatu psilogis individu yang mencakup kepribadian, kemampuan inteligasi ( iQ ) dan prilaku. adapun juga mencakup aspek lain nya seperti emosi,kesukaan ,penyesuaian diri, keahlian, kreatif, keuletan, serta efektifitas kita.


Okayyy...
Sampai sini lah yang bisa saya sampaikan via artikel saya yang sederhana ini, yang mudah mudahan bisa menambah wawasan anda di dalam "Persiapan Memasuki Dunia Kerja" sehingga anda bisa dari sekarang melengkapi satu dari lainnya yang akan nanti nya bisa terkupul semua. Jadi sekarang saya (Muhammad Candra Parinduri ) pamit mundur diri , jika ada salah saya mohon maaf atas semuanya
wassalamualaikum wr wb

No comments:

Post a Comment